Bacaan Niat Sholat Tarawih Dan Sholat Witir Di Bulan Ramadhan

Advertisement
Advertisement

Bacaan Niat Sholat Tarawih Dan Sholat Witir Di Bulan Ramadhan.Marhaban Ya Ramadhan Marhaban Ya Sshahrussiam, Ummat islam dimanapun berada didalam melaksanakan dan menjalankan ibadah puasa Ramadhan sebagai rukun islam yang ke tiga merupakan kewajiban bagi ummat islam, maka kami disini memberikan penjelasan dan catatan penting untuk sebagian yang awam dengan peraktek cara mandi baik yang sunnah ataupun mandi yang wajib sebagaimana disini lengkap dengan tulisan arab dan latin beserta artinya.

Nah temen-temen ini sangat penting untuk kita sebagai ummat islam di pahami dan dibaca cara kita mengucapkan niat sebelum melakukan sesuatu yang kita maksud seperti, niat mandi menghilangkan hadast besar,atau niat mandi hendak melakukan berpuasa Ramadhan dan niat kita akan menjalanka berpuasa esok hari juga ucapan berbuka puasa dan shalat tarawih,shalat witir beserta dengan doanya.


Untuk lebih menguatkan didalam menjalankan ibadah puasa esok hari seandainya kita punya hadast besar seperti habis melakukan hubungan intim dengan istri,atau dengan suami,ataupun kita bermimpi bersetubuh didalam tidur maka anjuran terbaik kita utamakan dulu mandi atau keramas dengan niat adus membuang hadast besar dan setelah selesai adus kita ulang lagi niatnya denga niat hendak berpuasa memasuki bulan Ramadhan.

Bacaan Lengkap Niat Shalat Tarawih Dan shalat Witir Di bulan Ramadhan


Niat itu di ucapkan dalam hati saat kita memperaktekan pekerjaan kita, kalau mau adus itu niat dalam hatinya berbarengan dengan menguyurkan air ke kepala kita di mulai dengan ucapan basmalah (bismillahirrohmaanirrohim) Didalam peraktek niat sholat tarawih dan witir maka ucapkan dalam hati berbarengan dengan Takbirotul ihrom (dengan tangan di angkat ke atas) bila kita orang sempurna mampu mengangkat tangan keatas.kalau tidak mampu pake isyart aja yang penting niat saat takbirotul ihrom tidak ketinggalan untuk di ucapkan dalam hati


UCAPAN NIAT ADUS MENGHILANGKAN HADAST BESAR

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَكْبَرِ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

NAWAETUL GUSLA LIROF'IL HADATSIL AKBARI PARDON LILLAHITA'ALA

Artinya
Niat Aku adus menghilangkan hadast besar pardu kerena Alloh ta'ala

Sesudah kita menghilangkan hadas besar (mandi junub) maka kita sambung dengan adus niat hendak melakukan puasa Ramadhan berikut ucapan niatnya

UCAPAN NIAT ADUS HENDAK MEMASUKI BULAN RAMADHAN

نَوَيتُ الغُسلَ لِدُخُلِ الصَومِ رَمضَانِ سُنَةَ لله تَعَالَي

NAWAETUL GUSLA LIDUKHULI SSHOUMI ROMDONI SUNNATA LILLAHITA'ALA

Artinya:
Niat Aku adus kerena memasuki dan menjalankan ibadah puasa dibulan Ramadhan sunnah kerena Alloh ta'ala

Usai kita melaksanakan Adus baik yang di maksud adus menghilangkan hadast besar yang hukumnya itu wajib,atau kita usai melakukan adus untuk memasuki ibadah puasa di bulan Ramadhan,maka bersiap-siaplah kita sehabis shalat isya kita menjalankan shalat sunnat Tarawih itu mau di jalankan secara kesendirian di rumah atau beramai-ramai berjamaah di mesjid bersama imam mesjid,ini kami tulis cara niat shalat tarawih dan doa khusus sesudah tarawih.Adapun kita menjalankan ibadah shalat tarawih itu umunya kebiasaan imam mesjid, kita yang bermadhab safii kita melakukan 20 rakaat di tambah shalat witir ganjil 3 rakaat berikut ini kami tulis cara nia shalat tarawih.

NIAT SHALAT TARAWIH SEBAGAI MA'MUM

اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

USHOLLII SUNNATAT-TAROOWIIHI ROK'ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI MA'MUUMAN LILLAAHI TA'ALAA

Artinya :
Niat Aku shalat sunnah tarawih dua raka'at menghadap kiblat sebagai makmum karena Allah Ta'ala

NIAT SHALAT TARAWIH SEBAGAI IMAM

اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ إِمَامًا ِللهِ تَعَالَى

USHOLLII SUNNATAT-TAROOWIIHI ROK'ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI IMAAMAN LILLAAHI TA'ALAA

Artinya :
Niat Aku shalat sunnah tarawih dua raka'at menghadap kiblat sebagai imam karena Allah Ta'ala

NIAT SHALAT TARAWIH SENDIRIAN

اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

USHOLLII SUNNATAT-TAROOWIIHI ROK'ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI LILLAAHI TA'ALAA

Artinya :
Niat Aku shalat sunnah tarawih dua raka'at menghadap kiblat karena Allah Ta'ala

Usai sudah kita melakukan shalat tarwih maka langsung kita baca doanya sebagai doa kamilin brikut tulisan doa dan artinya kami sajikan juga untuk anda

DOA SESUDAH SHALAT TARAWIH (DOA KAMILIN)

بسم الله الرحمن الرحيم


أَللّهُمَّ اجْعَلْنَا بِاْلإِيْمَانِ كَامِلِيْن. وَلِلْفَرَائِضِ مُؤَدِّيْن. وَلِلصَّلاَةِ حَافِظِيْن. وِلِلزَّكَاةِ فَاعِلِيْن. وَلِمَا عِنْدَكَ طَالِبِيْن. وَلِعَفْوِكَ رَاجِيْن. وَبِالْهُدى مُتَمَسِّكِيْن. وَعَنِ اللَّغْوِ مُعْرِضِيْن. وَفِي الدُّنْيَا زَاهِدِيْن. وَفِي اْلآخِرَةِ رَاغِبِيْن. وَبِالْقَضَاءِ رَاضِيْن. وَلِلنَّعْمَاءِ شَاكِرِيْن. وَعَلىَ الْبَلاَءِ صَابِرِيْن. وَتَحْتَ لِوَاءِسَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم يَوْمَ الْقِيَامَةِ سَائِرِيْن. وَإِلَى الْحَوْضِ وَارِدِيْن. وَإِلَى الْجَنَّةِ دَاخِلِيْن. وَمِنَ النَّارِنَاجِيْن. وَعَلى سَرِيْرِالْكَرَامَةِ قَاعِدِيْن. وَمِنْ حُوْرٍ عِيْنٍ مُتَزَوِّجِيْن. وَمِنْ سُنْدُسٍ وَإِسْتَبْرَقٍ وَّدِيْبَاجٍ مُّتَلَبِّسِيْن. وَمِنْ طَعَامِ الْجَنَّةِ اكِلِيْن. وَمِنْ لَبَنٍ وَّعَسَلٍ مُصَفًّى شَارِبِيْن. بِأَكْوَابٍ وَأَبَارِيْقَ وَكَأْسٍ مِنْ مَعِيْن. مَعَ الَّذِيْنَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ مِنَ النَّبِيِّيْنَ وَالصِّدِّيْقِيْنَ وَالشُّهَدَاءِ وَالصَّالِحِيْن. وَحَسُنَ أُولَئِكَ رَفِيْقًا. ذَالِكَ الْفَضْلُ مِنَ اللهِ وَكَفى بِاللهِ عَلِيْمًا.أَللّهُمَّ اجْعَلْنَا فِيْ لَيْلَةِ هذَاالشَّهْرِالشَّرِيْفَةِ مِنَ السُّعَدَاءِ الْمَقْبُوْلِيْن. وَلاَ تَجْعَلْنَا مِنَ اْلأَشْقِيَاءِ الْمَرْدُوْدِيْن. وَصَلَى اللهُ عَلى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلى الِه وَصَحْبِه أَجْمَعِيْنَ. بِرَحْمَتِكَ يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْن. وَ الْحَمْدُلِلّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ


Wahai Allah, Jadikanlah kami orang-orang yang sempurna imannya, menunaikan kewajiban-kewajiban, memelihara sholat, menunaikan zakat, mencari anugerah yang ada di sisi Engkau, mengharap ampunan Engkau, berpegang teguh dengan petunjuk (Engkau), menjauhi kesia-siaan, zuhud di dunia, dan senang kepada akhirat, rela terhadap (kepastian), bersyukur terhadap nikmat, sabar terhadap cobaan, dan berjalan pada hari kiamat di bawah panji penghulu kami, Nabi Muhammad SAW,datang ke telaga (yang sejuk), masuk ke dalam surga, selamat dari neraka, duduk di atas singgasana kemuliaan, menikah dengan bidadari yang cantik, menge-nakan pakaian dari sutera yang tipis dan tebal, memakan makanan surga, meminum susu dan madu yang jernih,dengan gelas,teko, dan piala dari mata air yang selalu mengalir, bersama orang-orang yang telah Engkau berikan nikmat, yaitu para Nabi, Shiddiqun, Syuhada, dan orang-orang yang shaleh, mereka itu adalah sebaik-baik teman, anugerah itu dari Allah, dan cukuplah Allah Yang Maha Mengetahui. Dan segala puji milik Allah, Tuhan semesta alam.

Selesai kita melaksanakan shalat tarawih dan membaca doa kamilin maka kita lanjut dengan melakukan shalat witir 3 rokaat.dengan jumlah tiga rakat masih masing dapat kita pecah menjadi tiga bagian.bisa satu rakaat,dua rakaat atau sekaligus tiga rakaat dengan tidak memakai tasyahud awwal langsung setelah syujud dua kali kita berdiri.

CARA UCAPAN NIAT SHALAT WITIR DUA RAKAAT
Bacaan: "Usholli sunnata witir rak'ataini msutaqbilalkiblati ma-muman lillahi ta'ala"
Artinya : "Saya niat shalat witir dua rakaat dengan menghadap kiblat menjadi ma'mun karena Allah ta'ala

CARA UCAPAN SHALAT WITIR SATU RAKAAT
Bacaan : "Usholli sunnata witir rak'atan mustaqbilalkiblati ma-muman lillahi ta'aala"
Artinya : "Saya niat shalat witir satu rakaat dengan menghadap kiblat menjadi ma'mun karena allah ta'ala"

CARA UCAPAN SHALAT WITIR TIGA RAKAAT

Bacaan : "Usholli sunnata witir tsalatsa raka'atin mustaqbilalkiblati ma-muman lillahi ta'ala"
Artinya : "Saya niat shalat witir tiga rakaat dengan menghadap kiblat menjadi ma'mun karena allah taala".

DOA SETELAH SHALAT WITIR

اَللهُمَّ إِنَّا نَسْـأَلُكَ اِيْمَانًا دَائِمًا، وَنَسْأَلُكَ قَلْبًا خَاشِعًا، وَنَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا، وَنَسْأَلُكَ يَقِيْنًا صَادِقًا، وَنَسْأَلُكَ عَمَلاً صَالِحًا، وَنَسْأَلُكَ دِيْنًاقَيِّمًا، وَنَسْأَلُكَ خَيْرًا كَثِيْرًا، وَنَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ، وَنَسْأَلُكَ تَمَامَ الْعَافِيَةِ، وَنَسْأَلُكَ الشُّكْرَ عَلَى الْعَافِيَةِ، وَنَسْأَلُكَ الْغِنَاءَ عَنِ النَّاسِ، اَللهُمَّ رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا صَلاَتَنَا وَصِيَامَنَا وَقِيَامَنَا وَتَخُشُّعَنَا وَتَضَرُّعَنَا وَتَعَبُّدَنَا وَتَمِّمْ تَقْصِيْرَنَا يَا اَللهُ يَااَللهُ يَااَللهُ يَااَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ. وَصَلَّى اللهُ عَلَى خَيْرِ خَلْقِهِ مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ، وَالْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ.


ALLAHUMMA INNAA NAS'ALUKA IIMAANAN DAA'IMAN, WANAS'ALUKA QALBAN KHAASYI'AN, WANAS'ALUKA 'ILMAN NAAFI'AN, WANAS'ALUKA YAQIINAN SHAADIQON, WANAS'ALUKA 'AMALAN SHAALIHAN, WANAS'ALUKA DIINAN QAYYIMAN, WANAS'ALUKA KHAIRAN KATSIIRAN, WANAS'ALUKAL 'AFWA WAL'AAFIYATA, WANAS'ALUKA TAMAAMAL 'AAFIYATI, WANAS'ALUKASY SYUKRA 'ALAL 'AAFIYATI, WANAS'ALUKAL GHINAA'A 'ANINNAASI. ALLAAHUMMA RABBANAA TAQABBAL MINNAA SHALAATANAA WASHIYAAMANAA WAQIYAAMANAA WATAKHUSY-SYU'ANAA WATADHORRU'ANAA WATA'ABBUDANAA WATAMMIM TAQSHIIRANAA YAA ALLAAHU YAA ALLAAHU YAA ALLAAHU YAA ARHAMAR RAAHIMIINA. WASHALLALLAAHU 'ALAA KHAIRI KHALQIHI MUHAMMADIN WA'ALAA AALIHI WASHAHBIHI AJMA'IINA, WALHAMDU LILLAAHI RABBIL 'AALAMIINA.


Wahai Allah. Sesungguhnya kami memohon kepada-Mu iman yang tetap, kami memohon kepada-Mu hati yang khusyu', kami memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, kami memohon kepada-Mu keyakinan yang benar, kami memohon kepada-Mu amal yang shaleh, kami memohon kepada-Mu agama yang lurus, kami memohon kepada-Mu kebaikan yang banyak, kami memohon kepada-Mu ampunan dan afiat, kami memohon kepada-Mu kesehatan yang sempurna, kami memohon kepada-Mu syukur atas kesehatan, dan kami memohon kepada-Mu terkaya dari semua manusia. Ya Allah, Tuhan kami. Terimalah dari kami shalat kami, puasa kami, shalat malam kami, kekhusyu'an kami, kerendahan hati kami, ibadah kami. Sempurnakanlah kelalaian atau kekurangan kami, Wahai Allah Wahai Allah Wahai Allah Wahai Dzat yang Paling Penyayang diantara para penyayang. Semoga rahmat Allah tercurahkan kepada sebaik-baiknya makhluk-Nya, Muhammad, keluarga dan sahabatnya semua, dan segala puji milik Allah, Tuhan semesta alam.

Agar kita tidak lupa untuk mengucapkan niat berpuasa maka sebaiknya setelah shalat tarawih atau shalat witir ini untuk kebiasaan kita niat berpuasa esok hari,karena kalau habis sahur biasanya kita lupa dan kalau lupa itu puasanya masuk puasa sunnah bukan puasa ramadhan itu harus di kodho nanti bulan syawwal, kesempatan menjadi syarat shah puasa dalam mengucapkan niatnya sampai mau terbit fajar kalau sesudah terbit fajar niat puasa ramadhan itu angus masuknya jadi puasa sunnat.

NIAT PUASA RAMADHAN UNTUK ESOK HARI

نَوَيتُ صَومَ غَد ٍعَن أَدَئ فَرضُ شَهرِِي رَمضَانِ هَذِه ِ سَنَةِ لله تَعَالَي

NAWAETU SHOUMA GHODIN 'AN ADAI PARDI SSHARI ROMDONI HADZIHI SANATI LILLAAHI TA'ALA

Artinya:
Niat Aku berpuasa esok satu hari dibulan ramadhan tahun ini pardu karana Alloh ta'ala

Usai kita berpuasa satu hari di bulan suci ramadhan maka saat tiba waktu maghrib kita wajib berbuka puasa mau langsung makan atau kita ta'jil dulu kerena terburu-buru mau shalat maghrib berikut kami tulis doanya buka puasa.

DOA BUKA PUASA RAMADHAN

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

ALLAAHUMMA LAKASUMTU WABIKA AAMANTU WA'ALAA RIZQIKA AFTHORTU BIROHMATIKA YAA ARHAMAR ROOHIMIIN
Artinya
Ya Allah keranaMu aku berpuasa, dengan Mu aku beriman, kepadaMu aku berserah dan dengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmat MU, Ya Allah Tuhan Maha Pengasih.

Oke temen-temen sampai disini bahasan tentang cara melakukan puasa lengkap dengan peraktek niat dan shalat tarawih juga shalat witir .Berikut artikel terkait masih kami sajikan untuk anda mengenai niat puasa senin kamis .Semoga bahasan yang panjang ini sekiranya bermanfaat untuk kita semua terutama bagi sebagian muslim yang awam.amiiiiin.

Advertisement