Contoh Khutbah Jum'at 3 Makna Ibadah kepada Alloh

Advertisement
Advertisement
Contoh Khutbah Jum'at 3 Makna Ibadah kepada Alloh. Beribadah kepada Alloh swt dan memohon pertolongan kepada Alloh adalah sebagai isyarat kita hidup di dunia ini mengakui bahwa kita di ciptakan oleh Alloh, sebagai bukti kita mengakui di ciptakan oleh Alloh maka Alloh pun memberikan perintah kepada kita untuk menyembah kepada Alloh mentaati atas segala perintahNYa

Bukti ketaatan kita melaksanakan perintah Alloh adalah kita beribadah melakukan sholat yang lima waktu dengan ikhlas dan penuh ke khusuan, lurus hati ,pikiran dan jiwa,semua menuju dan mengarah kepada Alloh. Seperti dalam firman Alloh (Surah Al-fatihah:5) Hanya kepada Engkau-lah kami menyembah dan hanya kepada Engkau-lah kami memohon pertolongan.

Didalam bahasan khutbah yang singkat ini kami alhamdipkot memberikan susunan kata tentang perintah beribadah dan memohon pertolongan kepada Alloh, untuk anda yang mau berkhutbah jum'at bahasan ini bisa membantu keringanan dalam berkhutbah singkat dan mudah untuk di pahami oleh para jammah sholat jum'at.

Contoh Khutbah Jum'at 3 Makna Ibadah kepada Alloh

Didalam bahasan yang singkat ini  khutbah jumat ibadah kepada Alloh adalah ke utamaan kita untuk mengenal Alloh swt dan kita bisa cendrung sendiri di hayati dan di resapi dalam hati bahwa Alloh itu benar yang memciptakan kita, Alloh yang mempunyai kerajaan langit kerajaan bumi,dan semua semesta alam adalah Alloh yang menciptakan.

Sebelum anda melanjutkan bacaan ke tema khutbah mungkin anda bisa saja lupa untuk membacakan teks khutbah, kami disini memberitahukan syarat dan rukun khutbah agar khutbah tersebut bisa menjadi shah seperti shahnya shalat yang lima waktu. karena khutbah jum'at ini adalah pengganti shalat dzhuhur dua rakaat,kemungkinan kalauh khutbanya gagal dari rukun khutbah, maka gagal juga shalat jum'at yang dua rakaat,dan harus di ganti dengan shalat dzhuhur empat rakaat.

RUKUN KHUTBAH TEKS BACAAN ARAB
1 Membaca kalimah hamdalah, khutbah pertama dan kedua
2 Membaca Sholawat, khutbah pertama dan kedua
3 Membaca wasiat taqwa, khutbah pertama dan kedua
4 Membaca sebagian ayat al-qur'an, khutbah pertama dan kedua
5 Membaca doa untuk mu'min laki-laki dan perempuan di khutbah kedua

SYRAT SYAH ORANG BERKHUTBAH ADA SEPULUH
1 Harus suci dari hadas kecil dan hadas besar
2 Suci dari najis.pakaian,badan,dan tempat
3 Harus tutup aurat (menutupi auratnya)
4 Berdiri bagi orang yang mampu
5 Harus duduk antara khutbah dua seukuran seatas thumaninah sholat
6 Terus menerus antara khutbah ke satu dan kedua
7 Terus menerus antara khutbah kedua dan sholat jum'at
8 Bacaan khutbahnya memakai bahasa arab
9 Khutbahnya bisa didengar oleh seluruh jamaah minimal 40 jamaah sholat jum'at
10 Terbukti semuanya khutbah dan sholat tepat waktu dzhuhur.

A Bacaan teks khutbah pertama

الحمدُ للهِ الذِي جعلَ العربيةَ لنَا لِساناً، وزادَهَا شَرَفاً وبياناً، وأنْزَلَ بِحروفِهَا الذِّكْرَ قرآناً، أحمدُهُ تعالَى كرَّمَ الإنسانَ، وهداهُ بالقرآنِ، وعلَّمَهُ البيانَ، وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ، وأَشْهَدُ أَنَّ سيدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُ اللهِ وَرَسُولُهُ، وصفِيُّهُ مِنْ خلقِهِ وخليلِهِ، أفصَحُ الناسِ وأحسنُهُمْ مَنْطقاً، وأعظمُهُمْ فضلاً وإحساناً، فاللَّهُمَّ صَلِّ وَسلِّمْ وبارِكْ علَى سيدِنَا محمدٍ وعلَى آلِهِ وأصحابِهِ أجمعينَ، وعلَى مَنْ تَبِعَهُمْ بإحسانٍ إلَى يومِ الدينِ.

أَمَّا بعدُ: فأُوصيكُمْ عبادَ اللهِ ونفسِي بتقوَى اللهِ تعالَى، قالَ اللهُ عزَّ وجلَّ: وَاتَّقُوا يَوْماً تُرْجَعُونَ فِيهِ إِلَى اللَّهِ ثُمَّ تُوَفَّى كُلُّ نَفْسٍ مَّا كَسَبَتْ وَهُمْ لاَ يُظْلَمُونَ


Hadirin sidang ahi jum'ah rohimakumulloh
Pertama kita muji sykur kepada Alloh swt yang telah memberikan nikmat sehat,nikmat iman dan islam kepada kita semua, Semoga kita semuanya yang hadir di mesjid yang mulia ini mendapat rahmat dan ampunan dosa sehingga kita bisa lebih meningkatkan ketakwaan kita kepada Alloh swt dan mampu membeli sorganya Alloh swt.

Tidak lupa sholawat dan salam semoga Alloh limpah curahkan kepada Nabi kita muhammad saw,juga untuk keluarganya dan para sahabat-sahabatnya yang pernah menyertai perjuangan beliau dalam menyiarkan islam,dan semoga sampailah kepada kita sebagai ummatnya yang taat dalam menjalankan perintah Alloh swt.

Didalam khutbat saat ini khotib berwasiat baik untuk diri pribadi khotib umumnya untuk para jamaah yang hadir di tempat yang mulia ini pandangan Alloh swt, Yaitu wasiat takwa, karena dengan takwa
insya Alloh kita bisa mendapat ridho Alloh dan Alloh mau menerima peribadatan kita sehingga kita di berikan pahala yang berlipat dan darajat kita di tingkatkan oleh Alloh swt.

Tema dalam khutbah ini kami berikan bahasan tentang perintah ibadah dan memohon pertolongan hanya kepada Alloh swt.Ini menunjukan bahwa kita adalah muslim semua mengarah dan menuju kepada Alloh baik menuju di dalam peribadatan atau didalam berdoa memohon pertolongan hanyalah kepada Alloh satu yang tidak punya sekutu tidak beranak dan di peranakan.

Tiga makna dari bahasan tema khutbah ini sekiranya menjadi pegangan kuat bagi kita dalam beribadah dan memohon pertolongan kepada Alloh swt.
1 Kebutuhan manusia akan Alloh swt.
2 Pengertian Ibadah.
3 Ibadah merupakan amanah dari Alloh swt.

1. Kebutuhan manusia akan Alloh. Alloh swt mengetahui keyakinan hamba-hambanya sejak jaman azali. Oleh karena itu, Alloh swt memerintahkan mereka untuk"berdialog"dengaNya ketika sholat lewat ucapan Iyyaaka na'budu,(hanya kepada Engkaulah kami menyembah). Kata "hanya" mengisyaratkan bahwa sejak dahulu hamba-hamba Alloh yang terpilih telah berma'rifat bahwa Alloh lah satu-satunya sembahan yang mutlak serta tidak ada yang berhak untuk di sembah kecuali Dia.I'tikad ini sangat tinggi nilainya karena ibadah merupakan bentuk pengagungan tertinggi seorang hamba kepada Tuhan-nya.

Seperti berikut ini firman Alloh menerangkan:

قَالَ كَذَٰلِكَ قَالَ رَبُّكَ هُوَ عَلَيَّ هَيِّنٌ وَقَدْ خَلَقْتُكَ مِنْ قَبْلُ وَلَمْ تَكُ شَيْئًا


Artinya: Tuhan berfirman: "Demikianlah". Tuhan berfirman: "Hal itu adalah mudah bagi-Ku; dan sesunguhnya telah Aku ciptakan kamu sebelum itu, padahal kamu (di waktu itu) belum ada sama sekali".(QS Maryam:9)

2. Pengertian ibadah.Ibadah secara bahasa berarti taat,tunduk,menurut,mengikut,dan doa, menurut para ulama makna ibadah yang paling tepat merendahkan diri,dan menundukan jiwa dengan sungguh-sungguh mengesakan Alloh swt, pengertian ini berdasarkan firman Alloh:

وَاعْبُدُوا اللَّهَ وَلَا تُشْرِكُوا بِهِ شَيْئًا ۖ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا وَبِذِي الْقُرْبَىٰ وَالْيَتَامَىٰ وَالْمَسَاكِينِ وَالْجَارِ ذِي الْقُرْبَىٰ وَالْجَارِ الْجُنُبِ وَالصَّاحِبِ بِالْجَنْبِ وَابْنِ السَّبِيلِ وَمَا مَلَكَتْ أَيْمَانُكُمْ ۗ إِنَّ اللَّهَ لَا يُحِبُّ مَنْ كَانَ مُخْتَالًا فَخُورًا


Artinya:Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapa, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, dan teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahayamu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri,

Secara garis besar ibadah terbagi menjadi dua:
A.Ibadah mahdlah,(ibadah yang ketentuannya pasti),Yakni ibadah dengan tata cara pelaksanaan yang di tetapkan berdasarkan nas,"dari Al-qur'an maupun sunnah, Ibadah jenis ini merupakan pokok ibadah kepada Alloh,contohnya ibadah mahdlah ialah sholat,jakat,dan haji

B.Ibadah ghairu mahdloh.(umum) yakni seluruh aktivitas manusia yang mendatangkan kebaikan serta di laksanakan dalam rangka mengharap ridho Alloh swt, contohnya ialah makan,minum dan mencari nafkah.

3. Ibadah merupakan amanah dari Alloh.Orang yang telah mengetahui kepada siapa ia harus beribadah dan dapat merasakan manfaat dari ibadah, tentu akan merasa senang menyibukan diri dalam melaksanakannya,seperti keterikatan diri menyibukan sholat di malam hari,berdasrkan hadist Nabi muhammad saw.
"Siapa saja yang banyak melakukan sholat di malam hari, wajahnya akan nampak bersinar di siang hari (HR Ibnu Majah)

Juga firman Alloh menyatakan tentang ibadah sebagai amanah:

إِنَّ اللَّهَ يَأْمُرُكُمْ أَنْ تُؤَدُّوا الْأَمَانَاتِ إِلَىٰ أَهْلِهَا وَإِذَا حَكَمْتُمْ بَيْنَ النَّاسِ أَنْ تَحْكُمُوا بِالْعَدْلِ ۚ إِنَّ اللَّهَ نِعِمَّا يَعِظُكُمْ بِهِ ۗ إِنَّ اللَّهَ كَانَ سَمِيعًا بَصِيرًا


Artinya: Sesungguhnya Allah menyuruh kamu menyampaikan amanat kepada yang berhak menerimanya, dan (menyuruh kamu) apabila menetapkan hukum di antara manusia supaya kamu menetapkan dengan adil. Sesungguhnya Allah memberi pengajaran yang sebaik-baiknya kepadamu. Sesungguhnya Allah adalah Maha Mendengar lagi Maha Melihat.

Hadirin sidah ahli jum'at rohimakumulloh.
Dengan penjelasan diatas semoga kita dapat memahami dengan baik dan kita bisa melaksanakan ibadah dengan sempurna hanya kepada Alloh kita beribadah dan tentunya ketakwaan dan keimanan kita lebih di tingkatkan takwa dalam arti melaksanakan perintah Alloh yaitu yang paling utama adalah sholat,dan menjauhi larangan Alloh yang berbentuk maksiat,seperti judi,minum arak,dan jinah serta melakukan pembunahan sesama manusia tanfa hak.

بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ اْلآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ، وَتَقَبَّلَ اللهُ مِنِّيْ وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ، إِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ. أَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ لِيْ وَلَكُمْ الَّذِيْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ وَاسْتَغْفِرُوْهُ إِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ

B. Bacaan teks khutbah kedua

اَلْحَمْدُ ِللهِ عَلَى إِحْسَانِهِ، وَالشُّكْرُلَهُ عَلَى تَوْفِيْقِهِ وَامْتَنَانِهِ، وَأَشْهَدُ أَنْ لاَإِلَهَ إِلاَّاللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ تَغْظِيْمًا لِشَأْنِهِ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى إِلَى رِضْوَانِهِ

أَمَّا بعدُ: فأُوصيكُمْ عبادَ اللهِ ونفسِي بتقوَى اللهِ تعالَى، قالَ اللهُ عزَّ وجلَّ:

يَا أَيُّهَا النَّاسُ اعْبُدُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ وَالَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ


اَللهُمَّ صَلِّ عَلَى عَبْدِكَ وَرَسُوْلِكَ نَبِيِّنَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَإِخْوَانِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كَثِيْرًا

اَللهُمَّ صَلِّ عَلَى عَبْدِكَ وَرَسُوْلِكَ مُحَمَّدٍ صَاحِبَ الْوَجْهِ اْلأَنْوَرِ، وَالْجَبِيْنِ اْلأَزْهَرِ، وَارْضَ اللهُمَّ عَنِ اْلأَرْبَعَةِ الْخُلَفَاءِ الرَّشِدِيْنَ وَاْلأَئِمَّةِ الْمَهْدِيِّيْنَ الَّذِيْنَ قَضَوْا بَالْحَقِّ وَبِهِ كَانُوْا يَعْدِلُوْنَ أَبِى بَكْرٍ وَعُمَرَ وَعُثْمَانَ وَعَلِى وَعَنِ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ، وَعِنَا مَعَهُمْ بِعَفْوِكَ وَكَرَمِكَ وَإِحْسَانِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ.

اَللهُمَّ أَعِزَّاْلإِسْلاَمَ وَالْمُسْلِمِيْنَ، وَأَذِلَّ الشِّرْكَ وَالْمُسْرِكِيْنَ، وَانْصُرْ عِبَادَكَ الْمُوَحِّدِيْنَ، اَللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا الْغَلاَءَ وَالْوَبَاءَ وَالرِّبَا وَالزِّنَا وَالزَّلاَزِلَ وَالْمِحَنَ وَسُوْءَالْفِتَنِ مَاظَهَرَ مِنْهَا وَمَابَطَنَ عَنْ بَلَدِنَا هَذَا خَاصَّةً وَعَنْ سَائِرِ بِلاَدِ الْمُسْلِمِيْنَ عَامَّةً يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ.

رَبَّنَا آتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَّفِى اْلاخِرَةِ حَسَنَةً وَّقِنَا عَذَابَ النَّارِ، رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنْفُسَنَا وَإِنْ لَمْ تَغْفِرْلَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ الْخَاسِرِيْنَ، عِبَادَاللهِ، إِنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِلْعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيْتَاءِ ذِى الْقُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَالْبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ، وَأَوْفُوْا بِعَهْدِ اللهِ إِذَا عَاهَدْتُمْ وَلاَ تَنْقُضُوااْلأَيْمَانَ بَعْدَ تَوْكِيْدِهَا وَقَدْ جَعَلْتُمُ اللهُ عَلَيْكُمْ كَفِيْلاً، إِنَّ اللهَ يَعْلَمُ مَاتَفْعَلُوْنَ فَاذْكُرُوْا اللهَ الْعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاسْكُرُوهُ عَلَى نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ، وَلَذِكْرُاللهِ أَكْبَرُ وَاللهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُوْنَ.

Demikian bahasan tentang khutbah jumat ibadah kepada Alloh dan memohon pertolongan kepada Alloh kami susun penjelasannya sangat singkat agar para pembaca bisa sangat mudah untuk memahami terutama anda akan tampil sebagai khutbah jum'at anda bisa menggunakan teks khutbah susunan dari kami semoga bermanfaat terimakasih anda tela berkunjung ke blog kami.

Advertisement